Selasa, 18 September 2012

RANGKAIAN BEL SEDERHANA


   A.   NAMA PERCOBAAN
Rangkaian Bel Sederhana
 TUJUAN
Membuat alat sederhana yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.
Agar mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu fisika di dalam kehidupan sehari-hari


C.     PENDAHULUAN
Sebuah resistor adalah terminal dua komponen elektronik yang menghasilkan tegangan pada terminal yang sebanding dengan arus listrik melewatinya sesuai dengan hukum Ohm:
V = IR
Resistor adalah elemen dari jaringan listrik dan sirkuit elektronik dan di mana-mana di sebagian besar peralatan elektronik. Praktis resistor dapat dibuat dari berbagai senyawa dan film, serta resistensi kawat (kawat terbuat dari paduan Resistivitas tinggi, seperti nikel / krom). Karakteristik utama dari sebuah resistor adalah resistensi, toleransi, tegangan kerja maksimum dan power rating. Karakteristik lainnya meliputi koefisien temperatur, kebisingan, dan induktansi. Kurang terkenal adalah perlawanan kritis, nilai yang disipasi daya di bawah batas maksimum yang diijinkan arus, dan di atas batas yang diterapkan tegangan. Perlawanan kritis tergantung pada bahan yang merupakan resistor dan juga dimensi fisik, melainkan ditentukan oleh desain. Resistor dapat diintegrasikan ke dalam sirkuit hibrida dan dicetak, serta sirkuit terpadu. Ukuran, dan posisi lead (atau terminal) yang relevan dengan peralatan desainer; resistor harus secara fisik cukup besar untuk tidak terlalu panas ketika menghilangkan kekuasaan mereka.
Rangkaian RC (Resistor-Kapasitor), atau sering dikenal dengan istilah RC filter atau RC network, adalah rangkaian listrik yang tersusun dari resistor dan kapasitor. Rangkaian RC orde satu (first order) tersusun dari satu resistor dan satu kapasitor yang merupakan rangkaian RC paling sederhana.
Rangkaian RC dapat digunakan untuk menyaring (filter) sinyal dengan cara menahan (block) frekuensi sinyal tertentu dan meneruskan (pass) sinyal yang lainnya. Ada 4 macam filter RC, di antaranya: high-pass filter, low-pass filter, band-pass filter, dan band-stop filter.
Natural Response
Rangkaian RC paling sederhana adalah rangkaian seri resistor dan kapasitor. Ketika rangkaian hanya terdiri dari satu kapasitor bermuatan dan satu resistor, kapasitor tersebut akan melepaskan energy yang disimpannya melalui resistor. Beda potensial di kapasitor, yang tergantung pada waktu, dapat dihitung menggunakan hukum arus Kirchhoff, yang menyatakan bahwa arus yang melewati kapasitor harus sama dengan arus yang melewati resistor.
Rangkaian RC Seri

D.    ALAT DAN BAHAN
NO
Alat dan bahan
Jumlah
1
papan strip 12 × 25 baris lubang
1 buah
2
baterai klip untuk 9V PP3
1 buah
3
9-12V bleeper
1 buah
4
LDR ORP12 jenis
1 buah
5
8-pin DIL soket untuk IC
1 buah
6
7.555 rendah daya timer IC
1 buah
7
transistor: BC108 (atau setara)
1 buah
8
kapasitor: 0.01μF, 0.1μF, 10μF 25V radial
3 buah
9
preset: 100k, 1M
2 buah
10
resistor: 10k, 47k, 1M × 3
5 buah
11
Kabel penghubung
Secukupnya
12
Saklar
1 buah

F.      LANGKAH KERJA
1.      Menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan dalam percobaan.
2.      Merangkai alat dan bahan seperti gambar percobaan di atas dengan benar dan tepat.
3.      Menguji rangkaian alat yaitu dengan menyalakan saklar yang terdapat dalam rangkaian tersebut.
4.      Apabila bel pada rangkaian berbunyi, maka rangkaian tersebut telah dirangkai dengan benar dan dapat dinyatakan bahwa alat ini berfungsi sesuai dengan fungsinya. Sebaliknya, apabila bel pada rangkaian tidak bunyi, maka terdapat kesalahan dalam perangkaian alat ini.

G.    MANFAAT
Sebagai alat yang dapat digunakan sebagai penanda sesuatu.

H.    DAFTAR PUSTAKA
Giancolli, Douglas C. FISIKA Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga. 2001.

1 komentar:

  1. benda warna coklat yang didekat resistor biru itu apa ya namanya? Tolong dibales ya, lagi ada tugas sekolah. Makasih

    BalasHapus