Senin, 17 September 2012

Fungsi Udara Untuk Tubuh

Bagi tubuh, udara berfungsi untuk pernafasan, mensuplai gas oksigen ke paru-paru yang kemudian diserap oleh darah , mengandung hemoglobin lalu diangkut ke seluruh tubuh sebagai supplier oksigen bagi sel-sel seluruh tubuh. Hasil pertukaran gas ini dibawa kembali ke dalam paru-paru, udara yang dihembuskan berupa udara pernafasan dengan kadar karbondioksida yang bertambah, oksigen dan juga dijumapi adanya uap air.
Fungsi udara yang lain, yakni mempertahankan suhu tubuh agar dalam keadaan normal dengan mekanisme secara fisik. Saat udara luar mengalami peningkatan temperature maka tubuh mengeluarkan keringat. Sebaliknya bila suhu udara menjadi lebih dingin, buang air kecil maka akan semakin bertambah.
Di dalam tubuh akan dihasilkan energy ditambah panas. Adapula energy yang hilang dalam bentuk panas yang disebut kehilangan panas tubuh (heat-loss). Kehilangan panas tubuh secara konveksi, radiasi dan penguapan berkaitan erat dengan udara sekitar kita. Pada temperature 50Oc tubuh tidak akan mengimbanginya lagi, tetapi pada suhu -400c tubuh atau manusia akan mengimbanginya dengan pakaian rangkap dan mengigilkan badan untuk mempertahankan suhu tubuh. Dengan suhu tubuh tertentu badan merasa segar akibat dari aktivitas tubuh beristirahat. Pada tubuh manusia dijumpai mekanisme penguapan uap air melalui paru-paru dan kulit beserta alat kelenjar keringat.

Sementgara itu, bagi hewan yang tidak memiliki kelenjar keringat seperti anjing akan membuang hasil metabolism lebih banyak mempergunakan alat pernafasan sehingga frekuensi bernapas akan terjadi berpuluh kali lipat tetapi dalam keadaan normal.

Kehilangan panas tubuh
Panas hilang melalui Persentase
1. Radiasi 44
2. Konveksi 31
3. Penguapan 21,5
4. Memananaskan makanan yang dimakan 1,5
5. Memanaskan udara paru-paru 1,3
6. Melalui feses dan urine 0,7

Kehilangan panas merupakan salah satu mekanisme pengaturan suhu tubuh. Dalam hal itu, pernafasan juga turut berperan.

Sumber referensi : Buku Usaha Mencegah Pencemaran Udara oleh dr.drh. Mangku Sitepoe
Dikutip dari:  http://id.shvoong.com/exact-sciences/2171101-fungsi-udara-untuk-tubuh/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar